Friday 21 March 2014

Rukun Islam dan Uraian Singkat.

19:57

Sebagai umat muslim Kita wajib mengatahui tentangg rukun islam dan maknanya. Bila Anda sedang mencari penjelasan 5 rukun Islam secara singkat, silakan lanjutkan membaca artikel ini sampai selesai.

Berikut adalah penjelasan 5 rukun Islam. Sebagai mana diketahui bahwa Islam itu dibangun oleh 5 pilar. yaitu: 
  1. Mungucapkan Syahadat
  2. Mendirikan Sholat
  3. Menunaikan Zakat
  4. Mengerjakan Puasa di bulan Ramadhan
  5. Melaksanakan Ibadah Haji jika mampu.

 Penjelasan 5 Rukun Islam

  1. Syahadat. Makna dari Syahadat adalah Aku bersaksi dengan sepenuh hati, bahwa tidak ada lagi Tuhan yang patut Kita sembah, wajib ditaati perintah dan larangannya. Keculali Allah SWT. Dan Aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu utusan Allah. Syahadat juga merupakan podasinya agama. Jadi apabila Sayahadatnya kuat (keteguhan hati dan tauhid) maka Insya Allah Agamanya pun kuat.
  2. Mendirikan Sholat. Sholat itu merupakan tiang agama. barang siapa yang melakukan Sholat maka agamanya akan kuat. Sebaliknya barang siapa yang tidak mengerjakan Sholat, maka agamanya akan hancur. Sholat merupakan perintah dari Allah yang langsung diperintahkan kepada Nabi Kita Muhammad SAW, tanpa perantara Malikat Jibril. Perintah Sholat itu diperintah saat Nabi Muhammad SAW Isra Mi'raj.
  3. Menunaikan Zakat. Makna zakat itu bisa membersihkan raga dan harta Kita.
  4. Puasa dibulan Ramadhan. Selama sebulan penuh diwajibkan untuk menahan lapar dari mulai terbit fajar sidiq sampai matahari terbenam.
  5. Haji. adalah dengan menunaikan ibadah haji ke Baitulloh. Perintah ini hanya bagi yang mampu (harta, raga, di jalannya)
Itulah penjelasan awal secara singkat tentang 5 rukun Islam. Di posting berikutnya, kita akan kembangkan lagi penjelasan 5 Rukun Islam ini secara terperinci satu demi satu, Insya Allah. Mudah-mudahan bisa menambah wawasan atau bisa mengingatkan kita semua . Wallohu-'alam bimurodih....

Insan Media

Insan Media sebagai media partner Berita dan Dakwah Islam Indonesia. Untuk tetap terhubung dengan berita dan artikel dakwah Insan Media, Silahkan Defollow blog ini.

0 komentar:

Post a Comment

 

© 2013 Insan Media. All rights resevered. Designed by Media Insan

Back To Top