Friday 28 March 2014

Turki Juga Memblokir Youtube

14:10

Turki Menutup Youtube

"Pemblokiran terkait bocoran isi pembicaraan masalah keamanan terkait Suriah."
Insan Media-Kurang dari sepekan setelah media sosial Twitter diblokir oleh pemerintah Turki, giliran situs berbagi video YouTube mendapat perlakuan yang sama pada hari Kamis (27/3/2014), setelah bocoran yang diduga pembicaraan pertemuan keamanan penting terkait masalah Suriah diunggah ke situs itu.
Direktorat Telekomunikasi Turki (TIB) yang berwenang mengawasi penggunaan internet, menggunakan otoritasnya untuk pertama kali tanpa keputusan pengadilan memblokir YouTube.

Dalam situsnya, TIB menyebutkan sejumlah pasal perundangan yang mendasari keputusannya memblokir YouTube.Pada 6 Februari lalu, parlemen Turki meloloskan peraturan perundangan mengenai internet, yang mengkhawatirkan Uni Eropa dan LSM-LSM lokal serta oposisi pemerintah.

“Regulasi yang telah disetujui parlemen memeberikan otoritas tak terawasi kepada TIB,” kata Asosiasi Jurmalis Turki mengkritik UU No.5651 yang digunakan TIB sebagai dasar tindakannya memblokir YouTube, lansir Hurriyet.

Bahkan sebelum bocoran terbaru di YouTube, Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan telah mewanti-wanti bahwa blokir yang dilakukan atas Twitter dapat meluas ke YouTube dan Facebook.
Sebuah sumber mengatakan kepada Reuters bahwa Turki sedang melakukan pembicaraan dengan pihak YouTube. Pemblokiran bisa dihentikan apabila YouTube bersedia menghilangkan konten yang menjadi keberatan pemerintah Ankara.

Rep: Ama Farah
Editor: Dija
Untuk Insan Media

Insan Media

Insan Media sebagai media partner Berita dan Dakwah Islam Indonesia. Untuk tetap terhubung dengan berita dan artikel dakwah Insan Media, Silahkan Defollow blog ini.

0 komentar:

Post a Comment

 

© 2013 Insan Media. All rights resevered. Designed by Media Insan

Back To Top